Kunci Penanaman Perilaku Hidup Sehat Ada Di Rumah Serta Sekolah

pola hidup sehat di sekolah

Jika bukan, anak bisa menggunakan hands sanitizer dengan kandungan spiritus minimal 60%. Tahun 2005 menyebutkan sekitar 3% anak-anak mulai merokok sejak sedikit dari 10 tahun Persentase orang merokok tertinggi (64%) berada pada kelompok umur remaja (15-19 tahun). Hal ini berarti bahaya rokok pada masyarakat yang rentan yakni anak-anak dan berdampak pada masa remaja. Munculnya sebagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata biasanya berkaitan dengan PHBS. Dengan karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS disekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat diterapkan melalui pedekatan usaha kesehatan Sekolah.

Sebagai contoh sinergi program di atas adalah jika Puskesmas memiliki program pemberantasan nyamuk demam berdarah, sekolah dapat mengajukan menjadi pelaksana program tersebut tuk diterapkan di sekolah. Ketiga, memperkuat gerakan masyarakat, adalah memberikan dukungan kegiatan masyarakat agar lebih berdaya pada mengendalikan faktor yang mempengaruhi kesehatan. Manfaat PHBS di tempat kerja yaitu para pekerja mampu meningkatkan kesehatannya dan tidak mudah sakit, meningkatkan produktivitas kerja lalu meningkatkan citra tempat yang dilakukan yang positif. PHBS ataupun Pola Hidup Bersih lalu Sehat merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi pasal tersebut perlu adanya upaya secara komprehensif dari berbagai Sektor. Arief mengatakan, masyarakat Kota Tangerang juga diimbau untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan menyempurnakan nutrisi harian tubuh oleh makanan sehat.

Jamaah tua dirumah bisa mengajarkan anaknya untuk membersihkan diri mereka sendiri seperti mandi dua kali sehari, memotong kuku seminggu sekali, mengosok gigi pagi dan malam sebelum tidur dan mencuci tangan sebelum makan. “Cuci tangan yang benar sangat penting dilakukan. Ini buat menjaga kesehatan badan anda, ” katanya. Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, didampingi pejabat utama Polres dan Urkes Polres Kebumen, memberikan bantuan hand sanitizier untuk sekolah demi pencegahan penyakit, terutama virus Corona yang kini mewabah. Sedangkan penyakit yang banyak diderita oleh siswa SD ialah penyakit cacingan sebesar 60-80%, dan caries gigi sebanyak 74, 4%.

Selain cara di atas adalah dengan memfasilitasi sarana atau fasilitas (air bersih, jamban sehat, kantin sehat, tempat sampah, lalu lain-lain) untuk mendukung PHBS di sekolah. Kedua, menciptakan lingkungan yang mendukung adalah mengupayakan agar setiap sektor dalam melaksanakan kegiatan mengarah terwujudnya lingkungan sehat. Tetapi, ajarkan anak pula agar ia tidak bergantian memakai sendok, garpu, maupun sedotan yang sama dengan putra lain. Tujuannya agar bukan sedang menyebarkan berbagai model penyakit yang bisa ditularkan lewat air liur.

Ingatkan buah hati untuk selalu mencuci tangan dalam kondisi tertentu, misalnya setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, setelah bermain di luar, ataupun setelah batuk atau bersin. Citra sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat hingga mampu menarik minat orang tua.

Gerakan PHBS tersebut, lanjut Arief, sebagai upaya Pemkot Tangerang mencegah dan melindungi warganya dari virus yang diberi nama Covid-19 itu. Jentik nyamuk merupakan cikal bakal nyamuk, jika tidak segera diberantas maka hasil yang didapat adalah banyak nyamuk dilingkungan. Nyamuk merupakan salah 1 pembawa bakteri dan disease penyebab penyakit, sehingga keberadaan nyamuk haruslah diberantas. pemberantasan jentik bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan nyamuk hingga terhindar dari penyakit dalam diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Selain itu, keadaan perut yang cukup kenyang juga menghasilkan menghindarkan anak dari membeli jajanan yang belum jelas bersih dan cenderung tidak sehat. Berikan menu sarapan kaya kandungan gizi yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral buat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Agar anak-anak gak jajan sembarangan guru juga bisa membuka kantin sehat untuk anak-anak guna mengantisipasi anak jajanan sembarangan.

Meski demikian, olahraga jua harus dilakukan secara terukur agar tidak berlebihan dalam memeras tenaga anak. Dalam beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan anak dalam PHBS di sekolah adalah senam sehat gembira.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*