Beberapa Penyebab Amandel Yang Harus Kalian Tahu


Amandel – Amandel atau tonsilitis, adalah suatu kondisi di mana amandel menderita peradangan atau pembengkakan di daerah tenggorokan. Lantas apa saja penyebab radang amandel? Ternyata ada beberapa penyebab radang amandel yang harus Anda ketahui.

Amandel merupakan organ yang mencegah terjadinya infeksi, namun organ tersebut sering diserang oleh berbagai virus dan bakteri. Tonsilitis biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan saat mengonsumsi minuman atau makanan.

Beberapa orang percaya bahwa tonsilitis adalah akibat dari terlalu banyak minum air es. Apakah mitos ini benar? Berikut ini beberapa informasi penyebab amandel.

Penyebab tonsilitis di tenggorokan

Sakit tenggorokan atau amandel bisa disebabkan oleh berbagai faktor makanan, adanya virus dan bakteri. Jadi dari mana asal virus dan bakteri penyebab amandel ini? Bakteri dan virus ini sering kali berasal dari makanan atau debu, serbuk sari, udara kering, dan asap.

Beberapa bakteri penyebab amandel adalah streptokokus grup A, Neisseria gonorrhea, Corynebacterium diphtheriae, dan Haemophilus influenza. Biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan atau minuman dan peralatan yang sering kita gunakan. Bakteri ini biasanya terpapar oleh bakteri yang telah menyebar dari orang lain.

Sedangkan virus penyebab amandel adalah rhinovirus, adenovirus dan virus Coxsackie, yang biasanya menyebar melalui paparan udara di suatu ruangan atau tempat. Selanjutnya, jenis makanan apa yang bisa jadi penyebabnya?

Jenis makanan dan minuman yang menyebabkan radang amandel

Berikut beberapa jenis makanan penyebab tonsilitis:

Makanan asam
Salah satu penyebab munculnya amandel adalah makanan yang mengandung asam. Asam tenggorokan yang kuat ini dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan tonsilitis. Beberapa contoh makanan atau minuman yang sangat asam adalah cuka, asam, atau jeruk nipis. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung asam dalam batas normal agar tidak terjadi iritasi.

Makanan krim
Makanan yang digoreng biasanya mengandung lebih banyak minyak. Makanan dengan banyak minyak akan meninggalkan bekas kecil di tenggorokan, yang akan terus menumpuk di tenggorokan, menyebabkan iritasi dan sakit tenggorokan.

makanan pedas
Bagi pecinta makanan pedas pasti akan merasa kurang pedas jika makanan yang disantapnya kurang pedas. Namun Anda tetap perlu mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang wajar, karena makanan yang terlalu pedas dapat mengiritasi tenggorokan. Beberapa contoh makanan pedas biasanya mengandung cabai, cengkeh, lada hitam, atau bumbu pedas lainnya.

Kafein dan alkohol, termasuk amandel
Minum minuman yang tinggi kafein dan alkohol bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Karena minuman yang mengandung bahan ini bisa mengeringkan tenggorokan dan mengiritasi tenggorokan. Kopi merupakan salah satu contoh minuman yang mengandung kafein. Karena itu, minumlah minuman berkafein dalam batas normal.

Minuman dingin
Minuman dingin memang sangat menyegarkan, tapi minuman dingin mengeringkan tenggorokan. Selain itu, minuman yang sangat dingin dapat mengiritasi dan mengiritasi tenggorokan. Hal ini karena flu dapat menyebabkan trauma pada selaput tenggorokan yang panas dan dapat menyebabkan iritasi jika dikonsumsi berlebihan.

Nah itulah beberapa penyebab amandel yang harus kalian hindari !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*