7 Minuman Tradisional Indonesia Yang Menambah imun tubuh

Minuman tradisional – Saat musim dingin atau pada malam hari , paling enak adalah minum minuman panas. Jika bosan dengan teh atau kopi, kamu tentu bisa mencoba beberapa minuman hangat asli Indonesia.

Kamu mungkin terbiasa dengan jahe hangat, minuman panas yang dapat menenangkan tenggorokan dan meningkatkan stamina. Nah, selain jahe, ternyata masih banyak minuman hangat khas Indonesia yang juga wajib kamu coba.Simak berikut ini ;

1. Wedang ronde

Wedang Ronde adalah minuman jahe dengan memiliki khas bola bola sagu berisikan kacang .

Awalnya wedang ronde tersebut berasal dari china yang akhirnya menyebar luas ke berbagai negara termasuk indonesia.

2. Sekoteng

Sekoteng merupakan hidangan dari jahe yang d tambahkan roti,kacang,dan kolang kaling.Di beberapa daerah, kamu masih bisa menemukan pedagang sekoteng yang menjual minuman tersebut dengan gerobak dorong atau gerobak pikul. Mereka biasanya berjalan di malam hari.

Sekoteng merupakan minuman khas dari Jawa Tengah. Minuman ini juga dibuat dengan jahe, jadi panas dan enak diminum saat cuaca dingin. Dalam mangkuk sekoteng terdapat kacang tanah, kacang hijau, irisan roti dan henna cina. Jangan lupa tambahkan susu sesuai rasanya yang manis

3. Bajigur

Minuman hangat berwarna coklat ini berasal dari Jawa Barat. Bahan utamanya hanya gula aren dan santan. Ada juga pedagang yang menambahkan jahe dan kolang kaling.Minuman ini cocok di minum sore hari di temani dengan keripik pisang atau rebusan singkong.

Sekarang kamu gak perlu bingung membeli bajigur,kini bajigur juga dijual dalam kemasan instan loh,kamu hanya tinggal menyiapkan air panas untuk meminumnya.

4. Bandrek

Selain Bajigur, Jawa Barat juga menawarkan minuman hangat yang terkenal bernama Bandrek. Bandrek biasanya dijual dengan bajigur. Bandrek juga dipercaya dapat mengobati penyakit ringan seperti flu biasa.

Bandrek dibuat dengan jahe dan gula merah. Beberapa pedagang telah menambahkan variasi bahan lain, seperti serai, pandan, dan telur ayam. Ada juga yang menambahkan susu pada minuman ini.

5. Bir Pletok

Namanya memang tidak membawa kata “bir”, tapi minuman betawi asli ini benar-benar bebas alkohol. Bir Pletok sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Dulu masyarakat Betawi ingin merasakan nikmatnya minum bir, namun karena kecanduan alkohol dan menyebabkan mabuk, mereka akhirnya membuat bir versi sendiri hingga ‘Mereka membuat bir Plettok yang bisa menghangatkan badan.

Minuman ini dibuat dengan bumbu yang berbeda, seperti jahe, lemon, kayu manis, pala, adas, cengkeh, daun lemon, kapulaga, merica, daun pandan dan gula. Ada juga bir Pletok yangmenggunakan secang hingga menghasilkan warna merah pada bir tersebut.

6.Kopi rarobang

Bagi para pecinta kopi, minuman kopi Ambon ini wajib dicoba. Rasanya beda dengan kopi biasa!

Ambon memang bukan mesin pembuat kopi, tapi warga Ambon bisa menyesuaikan minuman kopi arabika menjadi lebih sehat dengan campuran rempah-rempah yang mudah ditemukan di Ambon.

Rempahyang terdapat di kopi Rarobang antara lain jahe, cengkeh, serai, dan kayu manis. Tambahkan juga gula pasir secukupnya.

7.Kunyit Asem

Indonesia juga memiliki minuman tradisional yang disebut jamu. Obat herbal banyak tersedia, antara lain jamu kunyit asam jawa. Saat ini sudah ada jamu dari bubuk asam jawa yang bisa anda buat sendiri.

Konsumsi asam jawa memiliki banyak manfaat diantaranya detoksifikasi tubuh, menjaga berat badan, mengobati radang tenggorokan, melancarkan siklus haid, menghilangkan bau badan, mengurangi perut kembung. ,Dan masih banyak lagi khasiat lainya dari kunyit asem.

Nah,itulah beberapa minuman tradisional indonesia yang bisa kalian coba dan bisa kalian beli di blibli .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*